Recents in Beach

banner image
banner image

Cara mencegah Baterai Hp agar tidak mudah kembung


Cara mencegah Baterai Hp agar tidak mudah kembung



baterai kembung adalah hal biasa yang seringkali terjadi. bahkan 30% pengguna ponsel pintar pernah mengalaminya. tentu hal ini menjadi hal yang tidak sukai oleh pengguna, selain merusak casing ponsel juga baterai kembung dapat menjadi tanda penurunan daya dalam baterai tersebut.
 jika kita perhatikan, sepintas baterai kembung itu seperti yang kemasukan udara. secara kimiawi, proses baterai kembung adalah terjadinya reaksi kimia dalam baterai tersebut yang berlebih dan menghasilkan gas.

 mengututip dari detik.com,
"Baterai bisa menjadi kembung karena setiap digunakan atau dicharge, terjadi reaksi kimia di dalamnya, dan salah satu hasil reaksi kimia ini adalah terbentuknya gas. Gas yang berlebihan akan membuat ukuran baterai mengembang, dan terjadilah kembung.
Gas yang berlebihan terjadi biasanya karena panas yang berlebihan. Panas yang berlebihan ini mungkin terjadi karena over charging ketika baterai dibiarkan di charge dalam waktu yang sangat lama. "

lalu apakah baterai kembung bisa di perbaiki?
penulis tidak menyarankan pengguna memperbaiki baterai yang sudah terlanjur kembung tersebut, apalagi jika di tusuk tusuk atau di tekan sedemikian keras agar kembali ke seperti awal. hal itu tentu bisa menyebabkan baterai bocor bahkan meledak seketika. hal ini di karenakan proses kimia dalam baterai tersebut saling bereaksi.

berikut ini alasan dan Cara mencegah Baterai SmartPhone agar tidak mudah kembung (bangkak)  :
1. gunakanlah charger ori (rekomendasi pabrik)
   jika anda menggunakan Smartphone terkini, anda harus mulai memperhatikan charger  yang anda gunakan. pasalnya tidak semua SmartPhone bisa menerima tegangan daya keluar masuk yang tinggi bahkan lebih rendah. jika itu terjadi, biasanya smartphone akan mengalami waktu pengisian yang lebih lama dan waktu penggunaan yang lebih cepat habis. alhasil, dalam kurun waktu 1 minggu  baterai ponsel anda akan mengalami penurunan secara drastis. rekomendasi penulis, gunakanlah charger asli dari pabrikan, dan sangat tidak di anjurkan melakukan charge di mobil, kompuer/laptop atau perangkat elektronik lainnya. pastikan anda hanya mengisi daya baterai dari Listrik PLN (pembangkit Listrik Negara) atau setidaknya dari Pembangkit listrik lainnya.
2. jangan gunakan Smartphone ketika di Charge
 kasus ke dua yang biasa terjadi ini adalah pengguna menggunakan SmartPhone sembari di Charge. cara ini sangat tidak di anjurkan, apalagi jika penggunaan CPU yang tinggi seperti untuk internetan, game, bahkan media (video, musik). karena ketika anda menggunakan SmartPhone sembari di charge, maka saat ini pula terjadi daya keluar masuk yang tidak stabil. selain bisa merusak baterai, hal ini juga dapat merusak ponsel. jika berlebihan, ponsel dan baterai bisa saja seketika meledak.
3. jangan gunakan power bank sebagai sumber daya utama
 karena perkembangan teknologi, kini charge Hp bisa di mana saja dan kapan saja. karena kini ada power bank (bank daya), yang dimana alat ini berfungsi sebagai charge dari listrik PLN umumnya. namun yang perlu di perhatikan, kini telah banyak powerbank yang abal abal, di mana kualitas dan daya input outputnya tidak stabil. penulis tidak menyebutkan mereknya, tapi yang jelas produk seperti itu beredar di pasaran. dengan harga yang murah.
4. gunakanlah baterai original ponsel anda
selain harus menggunakan charger ori, untuk memperlambat masa rusak sebuah baterai yaitu dengan cara menggunakan baterai original. karena baterai original (asli pabrikan) ini adalah baterai yang paling mengerti kebutuhan daya ponsel pintar anda. jika baterai original anda rusak atau terlanjur kembung, silahkan beli. jika tidak ada di konter ataupun toko ponsel, mencarinya di dunia online bisa jadi saran terbaik. baik membeli di situs jual beli online maupun ke perorangan yang menjualnya di forum online seperti kaskus, facebook, dan lainnya.
5. biasakanlah melakukan kalibrasi baterai
kalibrasi baterai amat perlu di lakukan. apalagi jika ponsel anda termasuk penggunaan keras (penggunaan CPU yang tinggi). namun berdasarkan info dari beberapa situs, kalibrasi baterai minimal di lakukan dua bulan sekali (60 hari), yang sangat di anjurkan adalah sering seringlah mengoptimalkan fungsi ponsel agar ketika tidak di pakai, penggunaannya CPU masih tergolong standar.
6. jangan menggunakan baterai di beberapa ponsel
sekarang ini, Hp ataupun SmartPhone bukanlah sesuatu yang asing. bahkan setiap orang memiliki lebih dari dua. dari beberapa tife baterai, ternyata baterai dapat di gunakan di ponsel  yang berbeda.
namun jika anda menggunakan baterai ori, jangan coba coba menggunakannya di beberapa ponsel sekaligus. karena setiap ponsel memiliki input output yang berbeda, apalagi jika baterai ponsel anda di gunakan di Musik Portable. hal ini sangat tidak di anjurkan,

terlepas dari semua hal itu, penggunaan baterai sebenarnya tergantung input outputnya, namun juga bisa tergantung pada kualitas baterai. selain menjaga ponsel agar tidak mudah rusak, sangat di sarankan anda menggunakan baterai ori. namun apa daya uang tak ada, baterai bukan segalanya juga. bagi ponsel terdahulu, baterai merek ini ataupun itu sama saja 
Cara mencegah Baterai Hp agar tidak mudah kembung Cara mencegah Baterai Hp agar tidak mudah kembung Reviewed by yuda djava on 02:39 Rating: 5
Powered by Blogger.