Perintah Dasar Transformasi Object Pada Blender
Terdapat 3 perintah dasar dalam melakukan transformasi suatu Object yaitu :
- Menggeser (G) = Menggerakkan dan Memindahkan Object,
- Me-Rotasi (R) = Memutar Suatu Object,
- Skala (S) = Merubah Ukuran Object dalam hal ini Memperbesar atau Memperkecil
Gambar Transformasi Object (G - R - S)
Transformasi Object 3 Dimensi pada Blender
Edit Mode pada Object 3D
Ok sekarang setelah menguasai Transformasi object G - R - S. Maka tahapan selanjutnya yaitu menguasai Edit Mode pada Object 3 Dimensi. Berbeda dengan Object mode, Pada Edit Mode ini kita bisa mengatur Panjang - Lebar - Tinggu ( P - L - T ). Untuk mengubah dari Object Mode ke Edit Mode cukup dengan menekan tombol [TAB] pada keyboard anda.Gambar TAB Keyboard ( Foto : tuvie.com )
Hasilnya saat masuk ke Edit Mode :
Gambar Edit mode pada Blender
Pada Edit mode kita perlu mengetahui Vertex Select, Edge Select, Face Select.
- Vertex : Titik Sudut pada Object
Gambar : Transformasi Vertex
- Edge : Rusuk atau bisa disebut garis yang menghubungkan 2 buah sisi pada Bangung 3 Dimensi
Gambar Transformasi Edge
- Face : Sisi bangun 3 Dimensi atau Bidang yang terbentuk dari beberapa vertex yang saling terhubung
Gambar Face Select
Pada Edit Mode terdapat juga Penebalan Object (Extrude) dan Pemotongan Object (Loop Cut)
- Extrude adalah perintah untuk menambahkan penebalan pada object, untuk mengaktifkan fungsi / perintah ini maka tekan Tombol [ E ], lihat gambar :
Gambar Extrude (E)
- Loop Cut adalah perintah untuk menambahkan garis rusuk (Edge) baru pada sisi object (Face), untuk mengaktifkan perintah ini tekan Tombol [Ctrl + R]
Gambar Loop Cut
Demikian penjelasan lengkap cara Transformasi Object pada Blender. Anda bisa mencobanya langsung pada aplikasi Blender agar lebih memahaminya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Perintah Dasar Transformasi Object Pada Blender
Reviewed by yuda djava
on
21:26
Rating: